Review

Keindahan Alam Banjarbaru di Bukit Matang Kaladan

Keindahan Alam Banjarbaru di Bukit Matang Kaladan – Kawan, pernahkah kamu mendengar tentang keindahan alam di kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan? Di sana ada sebuah tempat yang sangat disukai oleh para penggemar alam, yaitu Bukit Matang Kaladan.

Tempat ini menyajikan pemandangan yang sangat memesona dengan hamparan hijau perbukitan dan lembah yang dipenuhi pohon-pohon tinggi menjulang. Udaranya pun sangat sejuk dan menyejukkan.

Bukit Matang Kaladan terletak di Kelurahan Matang Kaladan, Kecamatan Banjarbaru Utara, Banjarbaru. Jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota Banjarbaru.

Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam pegunungan dengan udara yang masih sangat bersih dan sejuk. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini untuk sekadar melepas penat dan stress dari hiruk pikuk kota.

Bukit Matang Kaladan

 

Keindahan Alam Bukit Matang Kaladan

Matang Kaladan Hill di Banjarbaru menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Di sini Anda bisa menikmati hamparan hijau hutan tropis kalimantan, pepohonan tinggi menjulang, serta udara yang sejuk dan segar.

Pandangan Memukau dari Puncak Bukit

Naik ke puncak bukit Matang Kaladan dan Anda akan disambut dengan pemandangan yang luar biasa. Di sana terbentang hamparan kota Banjarbaru, dengan bangunan-bangunan bertingkat rendah diselingi pepohonan hijau.

Di kejauhan tampak perbukitan yang mengelilingi kota. Udara di puncak bukit terasa begitu segar, jauh dari polusi kota. Duduklah di bangku-bangku yang disediakan dan nikmatilah keindahan alam Kalimantan yang tersaji di hadapan Anda.

Baca juga :  Wisata Alam Banjarbaru ini Wajib Kamu Kunjungi di 2023

Hutan Tropis yang Rimbun

Di sekitar bukit Matang Kaladan tumbuh hutan tropis yang rimbun. Pepohonan tinggi menjulang ke angkasa, diselingi tanaman merambat dan semak belukar. Berjalan-jalanlah di antara pepohonan dan nikmati kesejukannya. Anda mungkin beruntung bisa melihat satwa liar seperti kera, trenggiling atau burung-burung yang bersarang di dahan pepohonan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Matang Kaladan Hill. Di sana alam Banjarbaru yang hijau dan asri tersaji untuk dinikmati. Liburan Anda akan terasa lengkap setelah menyaksikan keindahan Matang Kaladan.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Bukit Matang Kaladan

Di Matang Kaladan Hill, ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan selain menikmati pemandangan alamnya yang indah.

Berjalan-jalan di sekitar bukit

Jalan-jalan di sekitar bukit bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ada banyak jalur trekking yang bisa Anda coba. Jalur paling populer adalah trek sepanjang 4 km dari puncak bukit ke air terjun Sungai Kaladan. Perjalanan ini bisa memakan waktu 2-3 jam, tapi pemandangan yang Anda dapatkan sepenuhnya layak dicoba.

Menikmati matahari terbit dan terbenam

Duduk di puncak bukit dan menikmati matahari terbit atau terbenam adalah salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan di sini. Warna jingga dan merah yang mendominasi langit saat matahari terbit dan terbenam sangat indah. Bawa bekal, duduk santai dan nikmati pemandangan spektakuler ini.

Bersepeda

Jika Anda membawa sepeda, coba bersepeda mengelilingi kaki bukit. Ada jalan setapak sepanjang 7 km yang cocok untuk bersepeda santai menikmati pemandangan. Jangan lupa bawa air mineral dan camilan untuk mengisi energi.

Berkemah

Bagi Anda yang ingin merasakan alam liar Kalimantan, berkemah di area bukit bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Nikmati langit penuh bintang, suara hewan malam dan udara segar pegunungan. Pastikan Anda membawa perlengkapan berkemah lengkap sebelum mencoba aktivitas ini.

Fasilitas Dan Akomodasi Di Sekitar Bukit Matang Kaladan

Di sekitar Bukit Matang Kaladan, terdapat beberapa fasilitas dan akomodasi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas di kawasan ini.

Penginapan

Di desa Banjarbaru terdapat beberapa penginapan atau wisma yang dapat dijadikan tempat menginap, seperti Wisma Kalimantan, Wisma Borneo, dan Wisma Banjarbaru. Penginapan-penginapan ini umumnya menyediakan kamar dengan fasilitas standar seperti kamar mandi dalam, AC, televisi, dan WiFi.

Baca juga :  7 Rekomendasi Hotel di Labuan Bajo untuk Menginap

Restoran

Setelah puas menikmati keindahan alam di Bukit Matang Kaladan, Anda dapat mampir ke beberapa restoran yang menyajikan masakan khas Banjarbaru seperti soto Banjar, nasi campur, dan es pisang ijo. Beberapa restoran yang direkomendasikan adalah Restoran Sederhana, Rumah Makan Padang Banjarbaru, dan Es Pisang Ijo “Dewi”.

Transportasi

Untuk mencapai Bukit Matang Kaladan, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus dari Terminal Purukcahu menuju Banjarbaru.

Di dalam kawasan perbukitan, sarana transportasi yang tersedia adalah sepeda motor atau mobil 4WD mengingat kondisi jalan yang berbatu dan berkelok. Oleh karena itu, disarankan membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Banjarbaru.

Dengan beragam fasilitas dan akomodasi yang tersedia di sekitar Bukit Matang Kaladan, kunjungan Anda ke tempat ini akan semakin nyaman dan menyenangkan. Nikmati keindahan alam Kalimantan Selatan dan beragam kuliner khas daerah ini.

Cara Menuju Lokasi Bukit Matang Kaladan

Untuk sampai ke Bukit Matang Kaladan, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan:

Mobil Pribadi atau Sewa

Jika Anda memiliki mobil pribadi atau menyewa mobil, perjalanan ke Bukit Matang Kaladan akan memakan waktu sekitar 45 menit dari Kota Banjarbaru.

Rute yang ditempuh adalah Banjarbaru – Pengaron – Sadang – Desa Matang Kaladan. Jalan yang dilalui berupa jalan beraspal dengan kondisi yang cukup baik. Setelah tiba di Desa Matang Kaladan, Anda harus mendaki sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak bukit.

Angkutan Umum Kota

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa naik angkutan umum kota seperti pete-pete, taksi atau ojek online dari Kota Banjarbaru ke Desa Matang Kaladan. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah tiba di desa, lanjutkan dengan mendaki ke puncak bukit yang memerlukan waktu 30-45 menit.

Trekking

Jika Anda ingin melakukan perjalanan yang lebih menantang, Anda bisa melakukan trekking dari Kota Banjarbaru ke puncak Bukit Matang Kaladan. Perjalanan trekking ini akan memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh 12 km.

Baca juga :  9 Rekomendasi Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Populer

Rute trekking dimulai dari penginapan Wisma Khatulistiwa di Banjarbaru, melewati beberapa desa di jalur Pengaron-Sadang sebelum tiba di Desa Matang Kaladan. Trekking ini cocok untuk Anda yang menyukai tantangan dan ingin menikmati pemandangan alam pedesaan Kalimantan Selatan dari dekat.

Bukit Matang Kaladan menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Meskipun perjalanan ke sana memerlukan sedikit usaha, pemandangan yang disuguhkan akan membuat Anda melupakan segala rasa lelah. Nikmati perjalanan Anda dan

Tips Berwisata Ke Bukit Matang Kaladan

Setelah sampai di Bukit Matang Kaladan, ada beberapa tips untuk dapat menikmati keindahan alamnya dengan nyaman:

Bawa pakaian dan sepatu yang cocok

Bukit Matang Kaladan memiliki medan yang beragam, dari jalan setapak sampai tanjakan yang curam. Bawa pakaian dan sepatu untuk mendaki yang nyaman dan kedap air, topi, kacamata hitam, dan jaket. Cuaca di atas bukit dapat berubah dengan cepat, jadi bersiaplah untuk hujan dan berangin.

Bawa air dan bekal

Meskipun ada warung di sekitar bukit, harga makanan dan minuman bisa mahal. Bawa air mineral, makanan ringan, dan bekal dari rumah.

Mulai mendaki pagi hari

Suhu udara yang sejuk di pagi hari akan membuat mendaki lebih nyaman. Berangkat sebelum jam 9 pagi juga akan menghindari keramaian pengunjung.

Nikmati pemandangan dari puncak bukit

Setelah 45-60 menit berjalan, Anda akan sampai di puncak bukit yang menawarkan pemandangan yang spektakuler. Duduk, istirahat dan nikmati pemandangan Kota Banjarbaru, Sungai Martapura dan perbukitan disekitarnya.

Jelajahi Air Terjun Curug Lembah

Setelah mencapai puncak bukit, lanjutkan mendaki ke bawah untuk melihat Air Terjun Curug Lembah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan air yang jernih dan sejuk. Nikmati pemandangan dan bunyi gemericik air terjun.

Mengikuti tips ini akan membantu Anda menikmati keindahan alam Bukit Matang Kaladan dengan aman dan nyaman. Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

Kesimpulan

Jadi, apa yang bisa kau tunggu lagi? Segera berangkat ke Matang Kaladan Hill dan nikmati keindahan alam Banjarbaru yang masih belum banyak diketahui orang.

Dengan pemandangan pegunungan dan hutan yang hijau, serta udara yang sejuk dan segar, tempat ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas di alam seperti berkemah, hiking atau sekadar bersantai sambil menikmati indahnya sunset.

Matang Kaladan Hill menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaik di Banjarbaru yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, segera kumpulkan teman atau keluarga dan berangkat ke sana. Nikmati keindahan alam Kalimantan Selatan dan jadikan kenangan yang tak terlupakan di Bukit Matang Kaladan !

Related Articles

Back to top button